6 Tips Jitu untuk Menjaga Keselamatan Kerja di Area Pertambangan

PertambanganLeave a Comment on 6 Tips Jitu untuk Menjaga Keselamatan Kerja di Area Pertambangan

6 Tips Jitu untuk Menjaga Keselamatan Kerja di Area Pertambangan

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa bekerja di areal pertambangan itu memiliki tingkat risiko kecelakaan yang cukup tinggi. Tidak hanya dari alat-alat berat yang ada di lapangan, namun juga adanya bencana alam yang sewaktu-waktu dapat datang menimpa pekerja tambang ataupun lantaran kondisi lingkungan yang kurang baik. Agar terhindar dari segala risiko yang mana dapat membahayakan, para pekerja tambang harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja sebelum memulai bekerja di areal pertambangan, anda dapat mempraktikkan 6 tips jitu tersebut:

6 Tips Jitu untuk Menjaga Keselamatan Kerja di Areal Pertambangan

1. Hindari kecerobohan dan tetap selalu waspada

Bekerja ditempat yang memiliki risiki kecelakaan yang tinggi, tentu membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi. Jadi sebisa mungkin, hindarilah sikap ceroboh pada diri sendiri yang dapat membahayakan nyama sendiri maupun orang-orang disekitar. Selalu mawas diri pun patut dilakukan untuk lebih peka terhadap keadaan lingkungan sekitar. Agar, jika sesuatu terjadi, badan pun sigap dalam mengambil tindakan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

2. Rencanakan dengan matang tugas-tugas berisiko tinggi dan tetap selalu jaga komunikasi

Mencapai target dan mendapatkan hasil maksimal dalam bekerja dengan efisien mungkin memang tujuan utamanya, namun kita pun perlu memperhitungkan resource pendukung lainnya. Seperti menambah waktu maupun biaya untuk membuat para pekerja menjadi lebih tenang dalam bekerja.

Selain itu, kita pun dapat memperhitungkan segala risiko yang terjadi terlebih dahulu serta dapat memberikan arahan yang jelas kepada para pekerja pertambangan. Menjalin komunikasi secara intens dengan rekan ataupun dengan pengawas pertambangan pun dapat mencegah risiko buruk terjadi selama proses pertambangan.

3. Perintahkan untuk mengenakan pakaian keamanan kerja

Keamanan dan keselamatan dalam bekerja tidak akan tercapai sesuai ketentuan bila para pekerja tambang justru abai / lalai dengan diri mereka sendiri yang mana tidak menggunakan peralatan keselamatan yang sudah disediakan oleh perusahaan, Untuk itu, senantiasa memberikan arahan & perintah kepada para anggota tim untuk mengenakan pakaian keselamatan kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar terhindar dari risiko kecelakaan.

4. Berikan pengawasan kepada tim yang intens

Meskipun tim sudah bekerja yang cukup lama pada areal pertambangan, tetapi tidak menutup kemungkinan tetap dapat melakukan kecerobohan yang mana dapat merugikan banyak orang. Oleh karenanya, berikan pengawasan yang intens kepada tim yang bahkan kepada anggota tim yang sudah berpengalaman / sudah bekerja di pertambangan cukup lama dan pastikan selalu memantau cara kerja para anggota tim. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Contohnya saja, ada pekerja yang tidak fokus dalam bekerja. Jika tidak ada pengawas di lapangan, maka pekerja tersebut akan santai dan abai terhadap keselamatan yang pada akhirnya dapat menimbulkan kecelakaan kerja yang membahayakan dirinya sendiri ataupun anggota tim lainnya. Sementara bila ada pengawas, maka pengawas dapat bertindak lebih cepat dengan langsung menegur pekerja tersebut dan memberikan arahan yang jelas apa yang harus dilakukan dengan benar & memenuhi standar keselamatan kerja. Sehingga risiko kecelakaan kerja dapat diminimalkan / terhindar.

5. Patuhi standar keselamatan terbaru

Selalu update, itulah kunci utamanya. Aturan standar keselamatan kerja tentu akan selalu berkembang seiring berjalannya waktu, yang disesuaikan dengan kondisi yang sudah pernah terjadi sebelumnya atau kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang. Untuk itu, pastikan anda selalu update akan standar keselamatan kerja terbaru

6. Berikan pelatihan pertambangan profesional yang bersertifikasi untuk menunjang

Dan yang terakhir untuk menghindari risiko kecelakaan kerja dan menjaga keselamatan kerja setiap para pekerja tambang, anda dapat memberikan pelatihan profesional yang bersertifikasi secara rutin mengenai aturan keselamatan kerja serta cara-cara menghindari bahaya jika terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan. Pelatihan tidak hanya ditujukan untuk para karyawan baru, namun juga untuk anggota tim penambang lama yang mungkin saja sudah lupa, jadi bisa kembali mengingat & mengupdate ilmu-ilmu terbaru mengenai keselamatan kerja

Kesimpulan

Itulah tips mengenai menjaga keselamatan kerja pada areal pertambangan, PT Mumpuni Inti Mandiri juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihan pada keselamatan kerja pada pertambangan, dengan para instruktur berpengalaman & profesional pada bidangnya, selain pelatihan yang diadakan, PT Mumpuni juga bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pertambangan Indonesia Mandiri (LSP PIM) untuk menyelenggarakan sertifikasinya, diantaranya Pengawas Operasional Pertama (POP), Pengawas Operasional Madya (POM), Pengawas Operasional Utama, SI SMKP, dan masih banyak program lainnya, untuk pendaftaran atau jadwal pelatihan & sertifikasinya anda dapat cek di :

Asri : +62 857-2247-3386
Admin : 08231 8988 878

Daftar Training & Sertifikasi POP POM POU

Kami juga membuka kesempatan bagi perusahaan yang ingin melatih karyawan nya agar memiliki Kompetensi yang tinggi dan tidak perlu jauh-jauh tapi bisa di perusahaan anda, kami akan datang untuk memfasilitasi pelatihan nya di program “In house Training” kami menawarkan dengan harga yang variatif sesuai kebutuhan .

Share artikel ini jika bermanfaat untuk anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top